Perawatan Pengabut Bahan Bakar / Injektor Pada Mesin Kapal

Hasil gambar untuk fuel injector
Pengabut Bahan Bakar Minyak, sesuai namanya adalah suatu alat untuk menyemprotkan bahan bakar minyak menjadi kabut halus atau Gas yang akan mempermudah Gas tesebut terbakar dalam Silinder Mesin (Cylinder Head). semakin banyak Bahan Bakar tersebut sampai membentuk "GAS" maka akan semakin sempurna pembakaran yang dihasilkannya, sehingga Nilai Kalor sebagai sumber tenaga Mesin juga akan semaksimal mungkin.

Berbagai bentuk Fuel Injector pada Mesin Diesel Penggerak Utama, namun cara kerjanya tetap sama yaitu untuk merubah Bahan Bakar tersebut menjadi kabut Gas, yang dimasukkan kedalam Silinder Mesin. Pada Fuel Injector yang cukup besar umumnya dilengkapi dengan Sistem Pendingin dengan Air Tawar untuk melindungi komponen-komponen dalam Fuel Injector dari hambatan panas Gas pembakaran.

Rambatan Panas gas pembakaran didalam silinder mesin dapat mencapai suhu antara 600-700 Celcius, secara terus menerus dapat merusak dan melemahkan kualitas-kualitas komponen bagian dalam Fuel Injector, Antara Lain : End Of Body, Injection Spindle, Nozzle, Spring, Atomizer, Dll.

Perawatan Fuel Injector Pada Mesin Diesel Penggerak Utama, harus dilakukan secara menyeluruh dan sebelumnya perlu mengenal karakteristik dari pada jenis-jenis bahan minyak yang dipergunakan.

TINDAKAN PERAWATAN
  • Perawatan dimulai dari sumber awal penerimaan bahan bakar minyak yang akan dikabutkan oleh Fuel Injector, jenis bahan bakar yang akan dipergunakan dan sejauh mana dilakukan perawatan dengan bahan kimia.
  • Perawatan seluruh peralatan yang dilalui oleh bahan bakar minyak selama perjalanan sebelum masuk ke Injector ( Tangki Bahan Bakar, Pemanas Bahan Bakar, Fuel Oil Purifier dll)
  • Perawatan terhadap seluruh komponen Fuel Injector tersebut dimana disetiap komponen dimulai dari ujung pengabut sampai pada bagian atas harus mendapat perhatian yang teliti.
  • Perawatan hasil dari pada Pembakaran didalam silinder ang sempurna ataupun tidak sempurna akan sangat mempengaruhi kondisi pengabut.
1. Pengabut Bahan Bakar Minyak (Fuel Injection)
Pemeriksaan harus dilakukan secara berkala dan atau sesuai jadwal jam kerjanya (Running Hours), Pengabut baik ataupun kurang baik harus dicabut dan dilakukan pengetesan ulang. Pemeriksaan seluruh komponen bagian dalam pengabut, satu persatu harus diperiksa secara teliti, yaitu: Spindle valve, Nozzle tip, Atomizer, Stick, Spring, Adjusting Screw, Dan lainnya. Pengetesan dan penyetelan harus sesuai dengan Instruction Book, contoh bila tekanan sudah ditentukan 320 kg/cm2 maka apabila pada tekanan 280 kg/cm2 sudah didapatkan pengabutan yang baik, tetap tekanan harus dinaikkan sampai mencapai tekanan kerja 320 kg/cm2 . Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi jumlah berat bahan bakar minyak yang dikabutkan dan besaran partikal yang dikabutkan, sehingga akan mempengaruhi sekali pada pembakaran yang sempurna.
Pengabut dibagi dalam 2 jenis kelompok Yaitu:
  • Pengabut Tekanan udara
  • Pengabut Tekanan Minyak
2. Pengabut Tekanan Udara
cara bekerjanya Pengabut Tekanan Udara adalah:
Jarum pengabut (Needle Valve) terangkat oleh tuas pada saat yang tepat karena Nok Bahan Bakar (Fuel Cam) bekerja. Jarum pengabut tertekan kebawah oleh Pegas dan menutup saluran masuk ke silinder dengan ujung tirusnya.

Dalam rumah pengabut terdapat dua pipa yaitu pipa udara dan pipa bahan bakar. Udara dari botol angina dengan tekanan kurang lebih 60 Bar bercampur dengan bahan bakar dengan tekanan kurang lebih 70 Bar untuk dikabutkan masuk kedalam ruang pembakaran (Combustion Space).

Bahan Bakar dalam pengabut tertimbun pada cincin-cincin pembagi dimana terdapat lubang-lubang kecil yang tidak bersamaan letaknya satu terhadap lainnya. Pada saat jarum terangkat oleh Fuel Cam, maka udara menembus mengalir dengan kecepatan tinggi, hingga terpecah-pecah menjadi halus sekali berupa kabut. Pengabutan ini terjadi karena bagian bawah pengabut menyempit, mengakibatkan pengabutan bahan bakar berlangsung dengan kecepatan tinggi, yang menimbulkan pusaran (Turbolensi) yang berpengaruh baik untuk kecepatan penyalaan bahan bakar.

Bahan bakar dan udara bercampur dengan senyawa menjadi uap yang mudah dan cepat terbakar, karena suhu udara kompresi sudah mencapai kurang lebih 600 0 celcius. Pada pengabut jenis ini, diperlukan udara yang di supply secara terus menerus oleh compressor udara 3-tingkat.
pengabut udara jenis ini sudah jarang sekali dijumpai di pasaran, karena kurang effisisen dan dipakai pada Diesel tekanan rendah dengan kepala pijar
Perawatan Pengabut bahan bakar seperti pada gambar pengabut di atas menunjukkan begitu eratnya hubungan antara Pengabut bahan bakar dengan pompa bahan bakar tekanan tinggi. Pengabut bahan bakar harus selalu dalam pemeriksaan secara berkala, apakah setiap bulan, setiap 500 jam kerja ataukah setiap diduga ada kelainan, harus segera dilakukan pengetesan secara teliti dan perawatan yang memastikan pengabut bekerja dengan baik. Pengabut bahan bakar yang sudah mengalami kebuntuan dari sebagian lubang-lubang pengabutan pada “Atomizer” dapat membuat terjadinya “Back Pressure” dan dapat merusakkan pompa bahan bakar tekanan tinggi, bahkan dapat membuat patah, bocornya pipa bahan bakar tekanan tinggi ke pengabut tersebut.


3. Pengabut Tekan
Pengabut tekan hanya mempunyai aliran bahan bakar saja yang masuk ke Pengabutan Melalui Oil Passage, Bagian-bagian utamanya adalah:


· Needle valve berfungsi sebagai katup jarum, untuk mengkabutkan bahan bakar dengan kecepatan tinggi.
· Nozzle berfungsi sebagai rumah Needle valve.
· Atomizer Holes adalah lubang-lubang yang terdapar di Nozzle, guna Proses Pembakaran.
· Spring, Stick, Adjuster screw, dan lainnya.
Jenis pengabut tekan ini adalah yang paling banyak dipergunakan oelh hamper semua Motor Diesel berbagai type, pengabut ini lebih praktis dan effisien karena tidak diperlengkapi dengan pipa udara seperti pada pengabut udara.

Proses kerjanya memerlukan tekanan yang tinggi dari pompa tekan bahan bakar (Fuel Injection Pump/ Bosch Pump) dengan tekanan antara 200kg/cm 2 sampai 400 kg/cm2. Bahan bakar yang masuk ke pengabut mampu mendorong Needle Valvekeatas yang melawan tekanan pegas, dimana tekanan pegas ini diatur oleh Adjusting screw sesuai tekanan yang dikehendakinya.

Pembukaan jarum ini dilakukan dengan tekanan bahan bakar, dengan terangkatnya Needle valave maka bahan bakar akan keluar melalui Atomizer holes dengan terpancar berupa kabut-kabut yang sangat halus.
untuk mencapai pengabutan bahan bakar menjadi dalam bentuk gas atau uap, diperlukan banyak hal yang mempengaruhi pengabutan tersebut, seperti didalam pembahasan-pembahasan sebelumnya. Namun pengabut yang tidak mampu menghasilkan pengabutan yang sempurna akan membuat suatu kerugian yang cukup besar terhadap tenaga mesin dan selanjutnya terhadap kecepatan kapal itu sendiri.

Cara Kerja Pengabut Tekan

  • Needle valve tertutup di setting-nya karena tekanan pegas, bahan bakar minyak melalui Oil Passage berkumpul di dudukan katup, tidak dapat keluar karena Needle valve masih dalam keadaan tertutup, sebelum fuel cam bekerja mendorong Fuel Injection Pump.
  • Fuel Cam bergerak/ berputar mendorong Fuel Injection pump, sehingga bahan bakar minyak didalam Fuel Injection Pump tersebut terdorong dengan tekanan tinggi masuk kedalam pengabut mendorong bahan bakar yang sudah terkumpul didalamnya dan mengangkat Needle valve sehingga bahan bakar keluar melalui Atomizer dalam bentuk kabut yang halus.

Keuntungan Pengabut-Tekan terhadap Pengabut Udara.

  • Konstruksi dan pelayanannya lebih sederhana karena tidak diperlukan udara dari kompressor udara.
  • Pemakaian bahan bakarnya lebih hemat (Efisien), karena kelebihan minyak yang dikabutkan akan kembali ke overflow.
  • Perawatannya lebih mudah dan sederhana, karena cukup satu sisi bahan bakar saja yang dibersihkan dan dirawat

Kerugian-Kerugiannya:

  • Harga pengabut tekan lebih mahal, karena dibutuhkan kekuatan material yang mampu menahan tekanan yang sangat tinggi.
  • Needle valve akan bocor (Tidak Kedap) akibat bahan bakar yang tidak bersih, adanya kotoran yang lolos dari Fuel Oil Separator.
  • Apabila terlambat perawatan dengan kebocoran tersebut mengakibatkan bahan bakar tidak dapat dikabutkan (Menetes) dan pembakaran didalam silinder mesin tidak sempurna dan akibat-akibat seterusnya. 



Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
AmandaCarl
AUTHOR
6 March 2018 at 02:28 delete

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE

Reply
avatar